Sabtu, 22 April 2017

D-Day dan Akhir Perang Dunia II di Eropa

Pasukan A.S. meringkuk di belakang bagian depan pelindung kapal pendarat mereka saat mendekati pesisir pantai saat "Operasi Normandia" tahun 1944. Foto: Pinterest

Selama Perang Dunia II (1939-1945), Pertempuran Normandia, yang berlangsung dari bulan Juni 1944 sampai Agustus 1944, mengakibatkan pembebasan Eropa Barat oleh Sekutu dari kendali Nazi Jerman. Diberi nama sandi Operation Overlord, pertempuran dimulai pada tanggal 6 Juni 1944, juga dikenal sebagai D-Day, ketika 156.000 pasukan  Amerika, kombinasi pasukan Inggris dan Kanada mendarat di lima pantai sepanjang 50 mil dari pantai yang dijaga ketat dari wilayah Normandia, Perancis.

Invasi tersebut merupakan salah satu serangan militer amfibi terbesar sepanjang sejarah dan memerlukan perencanaan yang ekstensif. Sebelum D-Day, Sekutu melakukan kampanye penipuan skala besar yang dirancang untuk mengelabuhi Jerman mengenai target invasi yang dimaksud. Pada akhir Agustus 1944, seluruh wilayah utara Perancis telah dibebaskan, dan pada musim semi berikutnya, Sekutu telah mengalahkan tentara Jerman. Pendaratan Normandia dapat dikatakan sebagai awal dari akhir Perang Dunia II di Eropa.

PERSIAPAN D-DAY

Ketika Perang Dunia II dimulai, Jerman menginvasi dan menduduki barat laut Perancis pada awal Mei 1940. Pasukan Amerika  memasuki perang pada bulan Desember 1941, dan pada 1942 mereka bergabung bersama pasukan Inggris yang telah dievakuasi dari pantai Dunkirk pada Mei 1940 setelah diblokade oleh pasukan Jerman dalam Pertempuran Perancis sedang mempertimbangkan kemungkinan invasi Sekutu berskala besar melintasi Selat Inggris.

Pada tahun 1943, persiapan Sekutu merencanakan invasi lintas-saluran mulai meningkat. Pada bulan November 1943, Adolf Hitler, menyadari adanya ancaman invasi di sepanjang pantai utara Perancis, kemudian menempatkan Erwin Rommel untuk memulai operasi pertahanan di wilayah tersebut, walaupun pada akhirnya tentara Jerman tidak melakukannya. Seperti tahu persis di mana Sekutu akan menyerang, Hitler menugaskan Rommel untuk menyelesaikan Tembok Atlantik, benteng bunker, ranjau darat, pantai, dan air sepanjang 2.400 mil.

Foto: latimes.com

Jenderal A. Dwight D. Eisenhower, komandan tertinggi Sekutu, berbicara dengan orang-orang dari Divisi Lintas Udara ke-101 di pangkalan Angkatan Udara Kerajaan di Greenham Common, Inggris pada tanggal 6 Juni 1944, sebelum mereka bergabung dalam invasi D-Day. Foto: latimes.com

Pada bulan Januari 1944, Jenderal Dwight Eisenhower ditunjuk sebagai komandan Operation Overlord. Dalam bulan-bulan dan minggu sebelum D-Day, Sekutu melakukan operasi penipuan besar-besaran yang dimaksudkan untuk membuat orang-orang Jerman berpikir bahwa target invasi utama adalah Pas de Calais (titik tersempit antara Inggris dan Perancis) daripada Normandia.

Selain itu, Sekutu mengarahkan Jerman untuk percaya bahwa Norwegia dan lokasi lainnya juga merupakan sasaran invasi potensial. Banyak taktik digunakan untuk melakukan penipuan, termasuk peralatan palsu. Sebuah tentara hantu yang dipimpin oleh George Patton yang diduga berbasis di Inggris, di seberang Pas de Calais, penggunaan Agen ganda, dan transmisi radio penipuan.

PENUNDA INVASI KARENA CUACA

Eisenhower memilih 5 Juni 1944, sebagai tanggal invasi; Namun, cuaca buruk pada hari-hari menjelang operasi menyebabkannya tertunda selama 24 jam. Pada pagi hari tanggal 5 Juni, setelah ahli meteorologi memperkirakan kondisi membaik untuk hari berikutnya, Eisenhower memberi lampu hijau untuk Operation Overlord. Dia mengatakan kepada pasukannya: "Anda akan memulai Perang Salib Besar, yang telah kita perjuangkan selama berbulan-bulan ini. Mata dunia ada di atasmu. "
Kemudian pada hari itu, lebih dari 5.000 kapal dan kapal pendarat membawa pasukan dan perlengkapan meninggalkan Inggris untuk perjalanan melintasi Selat Inggris ke Perancis, sementara lebih dari 11.000 pesawat dikerahkan untuk memberikan penutup udara dan dukungan invasi.

PENDARATAN D-DAY: 6 Juni 1944


Peta pendaratan pasukan saat Invasi Normandia dilangsungkan 6 Juni 1941. Foto: i.ytimg.com

Ketika terbit fajar pada tanggal 6 Juni 1941, ribuan pasukan terjun payung dan tentara glider sudah berada di jalur di belakang garis musuh, mengamankan jembatan dan jalan keluar. Invasi amfibi dimulai pukul 18.30. Inggris dan Kanada mengatasi perlawanan ringan untuk merebut pantai dengan kode nama Gold, Juno dan Sword, seperti yang dilakukan orang Amerika di Pantai Utah. Pasukan AS menghadapi perlawanan berat di Pantai Omaha, yang menelan lebih dari 2.000 pasukan Amerika tewas.

Pasukan payung A.S. mempersiapkan diri untuk melompat sebelum fajar di Normandia pada 6 Juni 1944 di Perancis. Foto: latimes.com

Namun, pada akhir hari, sekitar 156.000 tentara Sekutu telah berhasil menyerbu pantai Normandia. Menurut beberapa perkiraan, lebih dari 4.000 tentara Sekutu kehilangan nyawa mereka dalam invasi D-Day, dengan ribuan lainnya terluka atau hilang.

Kurang dari sepekan kemudian, pada tanggal 11 Juni, pantai-pantai sepenuhnya diamankan dan lebih dari 326.000 tentara, lebih dari 50.000 kendaraan, serta sekitar 100.000 ton peralatan mendarat di Normandia.

Bagi mereka, pasukan Jerman menderita kebingungan dalam barisan dan tidak adanya komandan Rommel yang diharapkan, karena pergi cuti. Pada awalnya, Hitler, yang meyakini bahwa invasi tersebut merupakan tipuan yang dirancang untuk mengalihkan perhatian pasukan Jerman dari serangan yang akan datang ke utara Sungai Seine, menolak untuk melepaskan divisi terdekat untuk bergabung dalam serangan balik tersebut.

Skuadron pesawat terbang di atas lautan Normandia saat D-Day 1944. Foto:Pinterest

Bala bantuan harus dipanggil dari tempat lebih jauh, menyebabkan penundaan. Hitler juga dalam keraguan untuk memanggil divisi lapis baja untuk membantu dalam pertahanan. Terlebih lagi, Jerman terhambat oleh kekuatan udara Sekutu yang efektif, yang mengeluarkan banyak jembatan kunci dan memaksa pasukan Jerman untuk melakukan jalan memutar yang panjang, dan juga dukungan Angkatan Laut Sekutu yang efisien, membantu melindungi pasukan Sekutu yang telah maju.

Pada minggu-minggu berikutnya, Sekutu berjuang melintasi pedesaan Normandia dalam menghadapi sisa perlawanan Jerman yang tetap bertahan, serta pemandangan rawa dan pagar tanaman yang padat. Pada akhir Juni, Sekutu telah merebut pelabuhan vital Cherbourg dan mendaratkan sekitar 850.000 dan 150.000 pasukan.

KEMENANGAN DI NORMANDY

Kesuksesan serangan di pantai Normandia sangat mahal bagi Sekutu. Ribuan tentara tenggelam atau tumbang oleh tembakan musuh, ranjau dan rintangan mematikan lainnya. Foto: Pinterest

Pada akhir Agustus 1944, Sekutu telah mencapai Sungai Seine, Paris dibebaskan dan sisa pasukan Jerman telah dihabiskan dari barat laut Perancis. Pasukan Sekutu lain kemudian bersiap untuk memasuki Jerman, di mana mereka akan bertemu dengan tentara Soviet yang bergerak dari timur.

Invasi Normandia mulai mengubah arus melawan Nazi. Sebuah pukulan psikologis yang signifikan, hal itu juga mencegah Hitler mengirim tentara dari Perancis untuk membangun Front Timur melawan Soviet. Musim semi berikutnya, pada tanggal 8 Mei 1945, Sekutu secara resmi menerima penyerahan tanpa syarat Nazi Jerman. Hitler sendiri telah melakukan bunuh diri seminggu sebelumnya, pada 30 April 1945.

Sebagai penghormatan terhadap pasukan Amerika yang gugur dalam Invasi D-Day. Pemakaman orang Amerika di Normandia, yang menghadap ke Pantai Omaha dan Selat Inggris, didirikan pada tanggal 8 Juni 1944, sebagai pemakaman A.S. pertama di Eropa selama Perang Dunia II. Ini menampung kuburan lebih dari 9.300 prajurit A.S. yang meninggal dalam invasi D-Day atau misi berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar