Rabu, 03 Januari 2018

Sejarah menara London

Silvia Dewi Lestari / PIS               

Di sebelah sungai Thames terdapat menara kuno London semua menara ini merupakan  benteng,istana dan penjara tertua di eropa.tidak lama setelah penaklukan Norman dia pada tahun 1066,William,sang penaklukan mulai membangun menara putih (kanan) .raja-raja berikutnya menambah bangunan dan menara. paritnya di perluas dan diperdalam selama kekuasaan raja Richard,sihatisinga.
Para wisatawan dari seluruh dunia berbondong-bondong kemenara London,tidak hanya untuk melihat benteng tua itu, tetapi secara khusus melihat permata mahkota yang tersimpan disitu selama ratusan tahun.pada zaman dahulu,para raja dan ratu tinggal di menara,sebelum disemati mahkota.melalui proses panjang,mereka kemudian disemati mahkota.

Liku-liku kota London tidak asing lagi bagi siapapun yang pernah mendengar sejak anak-anak, menyanyikan lagu-lagu, melakukan permainan-permainan, membaca buku, mengunjungi bioskop atau teater atau sekedar rmelihat TV. coba bayangkan didalam angan-angan khayalanmu menara kota London beserta para penjaga istana dan burung-burung gagaknya.
Sebagai ibu kota kerajaan serikat dan pusat politik Negara-negara persemakmuran , London juga merupakan titik pusat segala kehidupan ekonomi dan politik dunia barat. London juga sebuah magnet bagi kebanyakan orang yang rasa keterikatannya bersifat emosional.
Pada waktu ini, yaitu ketika London telah diketahui sedang "bergoyang" ada baiknya untuk dikenang bahwa selama berabad-abad London merupakan pusat kekuasaan. London telah  membuat sebuah undang-undang bagi suatu imperium,menyelesaikan pertentangan internnya,mengatur anggarannya mendapatkan pajaknya,melatih para pemimpin dan beberapa pengikutnya,mengatur gayanya,serta menulis dan menerbitkan bukunya. Kota London dahulu adalah pusat para banker dan broker tingkat dunia.
Di dalam bidang politik dan keuangan tidak ada keraguan untuk mengatakan bahwa nasib baik kota London telah menurun. London tetap besar dan kuat, London masih memiliki pengaruh yang menentukan,hanya Karena ia ada disana dan karena kedudukannya selama ini.

A.PEMERINTAH
            Kata "London" dapat berarti London raya atau hanya kota London,yang merupakan jantung ibu kota kuno dengan luas "satu mil persegi" dan menampung kira-kira 4500 rumah tinggal tetap dan semua gedung perbankan besar. Arti penting London adalah sebagai pusat keuangan dan perdagangan bagi inggris dan Negara-negara persemakmuran. Setengah juta penduduknya setiap hari bekerja di berbagai kantor dan gedung transaksi yang terletak di dalam kota batas bagian barat antara kota dan London raya yang di tandai dengan sebuah patung singa bersayap,tempat jalan strand dan jalan fleet bertemu di luar gedung pengadilan.
            Kota London memiliki wali kotanya sendiri,yang di pilih setiap tahun dari anggota serikat dagang kota London kuno,yaitu penerus serikat sekerja abad pertengahan,yang terkenal karena seragam khusus yang telah dipakainya selama berabad-abad yang lalu,wali kota biasanya adalah seorang usahawan yang terkenal,yang menjalankan berbagi tradisi yang telah berlaku sejak tahun121,ketika raja john mengeluarkan sebuah piagam yang memerintahkan bahwa seorang wali kota harus dipilih setiap tahun.
            London raya dijaga oleh polisi metropolitan.Pada tahun 1829 PM Robert Peel mendirikan polisi London yang tidak di persenjatai. Sebagai penghormatan mereka disebut Bobbies menjaga ketentraman seluruh pelosok kota. Namun,kota London,polisi londonlah yang bertugas menjaga keamanan.

B.ORANG LONDON
            Penduduk London raya dapat tinggal di Westminster,kebangsawanan Kensington dan Chelsea,diwilayah yang terkenal seperti Hampstead, Holborn, Lambeth, Battersea atau kota London .orang London sedikit yang termasuk orang "cockney" sejati,hanya untuk yang lahir diwilayah yang terjangkau bunyi lonceng gereja Bow (St.Mary-Ie-bow) di daerah London karena malam yang sunyi di musim panas bunyi bel ini dapat didengar sejauh 6 km.
            Pidatowakil cockney tentang kebiasaannya menghilangkan bunyi 'h' dan menambahkan nya di tempat lain dianggap rendah. My fair lady menceritakan seorang professor ahli bahasa yang melatih seorang cockney untuk berbicara dengan "benar" sehingga ia lulus sebagai puteri. Namun sebutan cockney bukanlah berarti menghinanya.
            Apakah cockney atau bukan,orang London adalah keturunan khusus,mereka menunjukan keberanian perang duniaII,dengan tidur diperlindungan bawah tanah distasiun kereta api bawah tanah,dan dengan tenangnya menolong teman-teman keluar dari reruntuhan gedung yang kenabom. Mereka memiliki humor dan bahasa mereka sendiri. "ta" di ucapkannya untuk "thanks". Kata-kata "ducks" (bebek) dan "mate" (kawan) adalah kata-kata untuk menyapa orang asing atau teman mereka.
            Sejak tahun 1950 para pekerjamu dan menciptakan pakaian sendiri berwarna kalem dan memiliki nilai kejutan yang muncul pada took disekitar jalan Chelsea dancarnaby.

C.SEJARAH
            London baru muncul pada tahun 61 m setelah tentara Julius Caesar menyerang britania. Ketika bangsa romawi berkuasa menjelang tahun 120 M London menjadi kota penuh benteng. Tentara romawi meninggalkan London abad ke 5 M,bangsa kelt,saxon,dan Denmark memperebutkan kota itu menjadi hancur. Pada tahun1066 para pemimpin bangsa saxon menyatakan kemerdekaan kota itu. Ketika pemerintahan raja wiliam,menara putih dibangun London tumbuh makmur pada abad ke 16 menjadi pusat perdagangan.pada abad ke 16 london menujukkan kekayaan budaya dan kekuatan kejayaan dibawah ratu Elisabeth. Pada abad ke 17 pemenggalan refolusi kaum puritan,perang saudara dan akhirnya restorasi 1660.
            Menara putih,yang merupakan bagian terpenting dari kastil ini dibangun pada tahun 1078 oleh wiliam sang penakluk, dan merupakan symbol dari kebencian dan penindasan yang ditimpakan pada London oleh para elit penguasa baru, menara London pernah digunakan sebagai penjara sejak tahun 1100, meskipun itu bukan tujuan utama dari pembangunan kastil ini.
            Secara keseluruhan,menara London merupakan kompleks dari beberapa bangunan yang ditempatkan di dalam dua cincin konsentris dari tembok pertahanan dan parit.sepanjang sejaranya,beberapa perluasan pernah dilakukan ,terutama dimasa pemerintahan Richard, henryIII, dan Edward.
            Muncullah sebuah London baru dari puing-puing kebakaran. Hal yang menonjol tentang London adalah bangunan tinggi berubah dalam kurun 250 tahun. Serangan api pada bulan desember 1940 yaitu kebakaran kota London yang kedua. Ketika asap menghilang St.Paul berdiri ditengah bangunan puing.
            Menara London telah memainkan peran penting dalam perjalanan sejarah inggris.  Menara ini pernah dikepung musuh beberapa kali dan usaha untuk mempertahankan inggris. Menara London telah dialihkan fungsi dalam berbagai kegunaan,diantaranya sebagai gudang senjata,pusat keuangan,kebun binatang,kediaman resmi Royal mint,kantor catatan public dan tempat penyimpanan mahkota permata britania raya.
            Sejak abad ke 14 sampai masa pemerintahan Charles II,profesi penobatan raja inggris akan di mulai di menara dan kemudian baru dilanjutkan ke Westminster abbey.saat raja tidak ada,pasukan yang disebut sebagai prajurit menara diberitanggung jawab untuk menjaga kastil.
            Pada abad ke 15 menara digunakan sebagai penjara bagi dua pangeran. Berikutnya, selama periode tudor, menara tidak lagi digunakan sebagai kediaman kerajaan,namun masih berfungsi sebagai benteng pertahanan.
            Periode puncak penggunaan kastil sebagai penjara terjadi pada abad ke 16 dan 17,dimana pada saat itu banyak anggota kerajaan yang dianggap sebagai pembuat aib.penggunaan menara sebagai penjara ini akhirnya memunculkan istilah barupa dasaat itu,yaitu " dikirim kemenara". Reputasi menara sebagai tempat penyiksaan dan eksekusi mulai popular pada abad ke 16,istilah ini terutama sekali dipopulerkan oleh para propagandis agama dan para penulis pada abad ke 19. Meskipun demikian,tercatat hanya tujuh orang yang dieksekusi di menara ini sebelum terjadinya perang dunia pada abad ke 20.
            Proses eksekusi lebih sering dilakukan di bukit di sebelah utara menara yang dikenal dengan nama bukit menara,dimana sekitar 112 hukuman mati telah terjadi disana dalam kurun waktu 400 tahun.pada paruh kedua abad ke 19,lembaga seperti royal mint pindah dari kastil ketempat lain dengan meninggalkan banyak bangunan kosong.
            Saat ini,menara London menjadi salah satu atraksi wisata paling popular di inggris. Menara ini di rawat oleh badan amalist ana kerajaan bersejarah dan dilindungi sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO
D.KEHIDUPAN KOTA LONDON
            Olahraga.penduduk London adalah penggemar olahraga fanatic seperti: sepak bola, tenis, balapan kuda di Epsom,ascot,dayung beregu.
            Seni.yang terkenal adalah balet di dunia dan opera kerajaan menepati taman covent di London
            Museum dan tempat bersejarah London memiliki beberapa museum besar,meseum galeri nasional,dengan lukisan klasiknya.adapun yang paling menarik museum London memiliki kekayaan yang banyak dari marmarel ginbaturoseta dan dua salinan mahnakarta.
            Menara London merupakan kenangan indah masa lampau dan tempat penympanan intan mahkota permata yang berkilau Para turis setiap hari berkerumun disekitar lokasi pada penghianat dan musuh kerajaan terkulai menanti hukuman mati.
            Katedralst.paul juga semacam museum berisi makam penyair abad ke 17 john done, merupakan pimpinan gereja dan makam sir christoper wernmen desain katedral.

DAFTAR PUSTAKA
-          Buku Negara dan benua eropa
-          Buku ensiklopedi bergambar sejarah dunia
-          http://id.m.wikipedia.org/wiki/menara london

Tidak ada komentar:

Posting Komentar