Senin, 08 Januari 2018

REPUBLIK PALAU

ALFIAH/ 16B/SAO

Republik Palau (juga dieja sebagai Belau) adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur Maluku Utara, 500 km sebelah timur Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur Filipina. Negara ini merdeka pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.

Lagu kebangsaan: Belau loba klisiich er a kelulul
    Ibu kota : Melekeok
    Kota Terbesar: Koror
    Bahasa resmi: Palau, Inggris

    Pemerintahan: Republik
    Presiden: Johnson Toribiong

Luas
- Total 458 km2 (179)
- Air (%) dapat dihiraukan

Penduduk
- Perkiraan 2006 20.164 (191)
- Sensus - -
- Kepadatan 44/km2 (126)
PDB (KKB) Perkiraan 2005
- Total US$0,17 miliar (189)
- Per kapita US$9.000 (68)
Mata uang Dolar AS (USD)
Zona waktu (UTC+9)
- Musim panas (DST) (UTC+9)

Palau dibagi menjadi 16 negara bagian (state):
* Aimeliik
* Airai
* Angaur
* Hatohobei
* Kayangel
* Koror
* Melekeok
* Ngaraard
* Ngarchelong
* Ngardmau
* Ngatpang
* Ngchesar
* Ngeremlengui
* Ngiwal
* Peleliu
* Sonsorol

Palau adalah Negara yang berbentuk Republik dengan pemerintahan sendiri. Kepala Negara dijabat oleh seorang Presiden yang dibantu oleh wakil Presiden. Kepala Negara dipilih oleh badan legislative yang beranggotakan 36 orang. Kandungan mineral yang cukup penting, berupa softat di Pulau Angaur dan Boksit di Babeldaob. Dari seluruh wilayah Belau, hanya wilayah utara yang cukup produktif. Hasil pertanian yang terpenting adalah kelapa. Selain itu kopra yang merupakan komoditi ekspor utama. Belau merupakan Negara yang miskin akan sumber tambang maupun pertanian. Belau mempunyai pemandangan pantai yang indah, dengan udara tropis yang cerah. Awlain itu dapat dijumpai pulau-pulau karang yang menarik untuk dikunjungi. Namun bidang pariwisata belum ditangani secara sungguh-sungguh, karena itu pariwisata di Belau belum dapat di kembangkan dengan baik.
Pendidikan adalah wajib antara usia 6 dan 14, atau sampai siswa menyelesaikan kelas delapan. Ada sekolah dasar dan menengah publik dan swasta, dan instruksi yang diberikan dalam bahasa Inggris dan Palauan. Palau Community College (1993), yang menyediakan kursus kejuruan dan akademis dan terbuka untuk siswa dari seluruh Mikronesia, berasal sebagai sekolah kejuruan pada tahun 1920, selama pemerintahan Jepang. Meskipun tidak ada lembaga pendidikan mereka di Universitas mereka di luar negeri. Negara ini memiliki nyaris total keaksaraan orang dewasa.
Mayoritas penduduk Belau adalah suku mikronesia, yang merupakan suku asli Belau. Sedangkan minoritasnya terdiri dari campuran Amerika dan bahasa Inggris. Mayoritas penduduk Belau memeluk agama kristen, sedangkan sebagian kecil penduduk masih mempertahankan agama nenek moyang suku mikronesia. Penduduk Belau terampil dalam kerajinan tangan dan mempunyai hasil seni yang tinggi. Setelah PD II, tahun 1947 wilayah Belau menjadi bagian dari wilayah perwalian PBB untuk kepulauan pasifik. Dan berlakunya konstitusi pada bulan januari 1981, makan resmilah Belau menjadi Negara yang mempunyai pemerintahan sendiri. Menurut sensus tahun 1980, jumlah penduduk Belau 13.495 orang.
Agama Palau asli kuat roh leluhur dan alam digantikan oleh kristen, yang dibawa oleh para misionaris. Sedikit lebih dari setengah populasi adalah Katolik Roma, hanya lebih dari satu ke empat adalah protestan. Ada jumlah yang lebih kecil dari Advent Hari Ketujuh, saksi-saksi Yehuwa, Mormon, dan anggota agama lain.
Bahasa yang dipergunakan adalah bahasa mikronesia dan bahasa Inggris. Bahasa Mikronesia dipakai secara umum oleh seluruh penduduk. Sedangkan bahasa Inggris di pergunakan oleh segolongan orang tertentu seperti di kantor-kantor serta di tempat-tempat dimana para personal militer Amerika bertugas. Dalam bidang anyam-anyaman dihasilkan keranjang dan tikar dari daun kelapa dan serta pandan dengan gambaran warna-warni yang indah. Di bidang ukir-ukiran di buat topeng serta alat rumah tangga.
Dari peninggalan kuno yang ditemukan, menunjukkan bahwa penduduk asliBelau berasal dari Asia yang datang kewilayah tersebut ribuan tahun yang lalu. Orang Eropa pertama yang berkunjung ke Belau adalah penjajah Spanyol, Ruy Lopex de Villobos yang datang ke Belau tahun 1543 dan menamakannya Arrecifos. Pada tahun 1686, wilayah tersebut masuk ke dalam mandate Liga bangsa-Bangsa.
Sebagai negara yang beriklim tropis, dimana wilayahnya terletak di tengah Samudra, temperaturnya sehari-hari cukup sejuk. Seperti juga pada wilayah-wilayah lain di pasifik, Belau sering mengalami serangan angin topan, terutama di antara bulan juli dan Oktober. Di sebagian pulau-pulau di tumbuhi hutan, dan hutan yang paling lebat dijumapi di pulau Babeldaop. Sebagian besar pulau-pulau di Belau merupakan pulau-pulau karang dan pulau-pulau kecil karena itu jenis faunanya tidak begitu banyak macamnya. Di perairan dangkal di jumpai jenis udang besar dan jenis udang kecil. Sedangkan di laut lepas banyak juga memelihara kambing, babi, dan ayam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Beberapa binatang lain yang di jumpai
Sejak akhir perang dunia II, majikan utama di Palau telah memerintah Angkatan laut AS, makan wilayah Perwalian Kepulaun Pasifik, dan akhirnya pemerintah Palau. Namun demikian, di daerah perdesaan di luar koror ekonomi subsisten aktif. Perempuan biasanya mengumpulakan dan mengolah talas, ubi jalar, dan ubi kayu, dan laki-laki, dan cenderung babi yang digunakan pada pesta-pesta adat. Karang dekat pantai memancing di lakukan pada subsisten dan kecil venture dasar, tetapi tidak menghasilkan pendapatan pemerintaha melalui penjualan lisensi. Tidak ada tanaman di ekspor utama, tuna dan pakaian adalah ekspor utama negara. Pariwisata tumbuh jauh pada akhir abad ke-20 dan juga telah membuat beberapa konstribusi terhadapa pertumbuhan ekonomi republik. Pendapatan perkapita negara adalah salah satu yang tertinggi di kawasan ini.
Luas wilayah republik Belau sekitar 494 km, dengan batas-batasnya, sebelah barat dengan Philipina, dan sebelah selatan dengan Indonesia dan Papua Nugini, sebelah utara dengan Pulau Marina, dan di timur dengan Pulau Karolin, ibukota Belau adalah koror. Belau beriklim tropis dengan dua musim yaitu musim kering atau musin kemarau yang jatuh pada bualn November sampai April dan musim hujan yang jatuh pada bulan Mei sampai Oktober. Curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Juli, mencapai ketinggian 3.750 mm dan curah hujan terendah adalah 450 mm.
Sejak tahun 1960-an, semakin banyak penduduk menuntut kemerdekaan dan pemerintahan sendiri. Sehingga banyak pulau dan kepulauan yang telah memperoleh kemerdekaan. Sebuah organisasi yang bernama "komisis selatan" yang berusaha membantu memajukan kehidupan ekonomi dan kesejahteraan sosial penduduk kepulauan pasifik. Konisi tersebut di dirikan pada tahun 1947 oleh negara-negara Australia, Prancis, Inggris, Belanda, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Dan beberapa Negara seperti Fiji, Belau, Naurur, dan Samoa barat yang telah menjadi anggota organisasi tersebut. Namun beberapa negara yang baru merdeka itu menyatakan bahwa komisi tersebut terkaku di kuasai oleh negara-negara besar yang kemudian membentuk forum pasifik pada tahun 1971. Forum tersebut bertujuan untuk memajukan kerjasams antara dibidang hubungan internasional dan perdagangan, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada negara-negara barat.
Pada awal abad ke-21, orang asing menyumbang lebih dari dua perlima dari pekerja di negara itu di bayar. Sementara konstitusi memungkinkan untuk pembentukan serikat, pada awal abad-21 tidaka ada organisasi seperti itu ada di Palau. Pada tahun 1998 negara mengadopsi hukum upah minimum pertama, hukum, bagaimana pun tidak berlaku untuk pekerja asing.
Koror memiliki sistem jalan beraspal. Ada membentang dari jalan beraspal di Babelthuap, dan pada pertengahan 1990-an konstruksi di mulai pada 53 mil, du jalur jalan tol. Di kenal sebagai kompact jalan karena konstruksinya adalah istilah dari Compact of Free Association, itu selesai pada tahun 2007. Jalan-jalan dibangun di tahun 1944-1946 oleh pasukan militer AS di Peleliu dan Angaur masih dapat di gunakan.
Belau mempunyai nama resmi Republic of Belau merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di wilayah pasifik bagian barat atau sekitar 885 km sebelah utara kota Manokwari, Irian Jaya dan kurang lebih 800 km sebelah timur Pulau Mindanao, Pilipina. Wilayah terdiri dari rangkaian sekitar 350 buah Pulau yang membentang kurang lebih 160 km dari utara ke selatan, dan sekitar 32 km dar timur ke barat. Babeldaob atau Babelthoap merupakan pulau terbesar diantaranya, Koror, Arakabesan, Malakal, Uruthapel, Eil Mlk, Angeur, dan Kepulauan Kayangel.
Pada waktu hari besar atau pada upacara perkawinan serta kelahiran di adakan acara menyanyi dan menari. Dalam acara tersebut seringkali di adakan permainan dan pembacaan cerita kepahlawanan nenek moyang mereka. Kebnyakan penduduk memakai pakaian cara Amerika dan Eropa. Namun dalan upacara-upacara adat mereka tetap mengenakan pakaian tradisional berupa jenis rok sampai lutut dari bahan serat atau kelapa dan di antaranya mengenakan semacam sisir dari kayu serta mengenakan juga kalung dari tempurung dan kulit kerang. Dalam bidang pendidikan, mendapat banyak bantuan dari para misionaris. Sebagian besar penduduk memperoleh pendidikan hanya sampai tingkat sekolah dasar, sedangkan sebagian kecil berhasil sampai ke tingkat sekolah menengah atas.

DAFTAR PUSTAKA

1.      Hudaidah. 2004. Sejarah Australia dan Oceania. Palembang: FKIP UNSRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar